Tutorial Mengganti Thermal Paste Asus A46CB

Myrepairsolution - 2015, Mengatasi masalah suhu memang menjadi terkendala bagi pemilik laptop atau komputer jinjing. dalah kurun waktu 2 tahun, jika tidak dirawat maka sudah dipastikan temperatur suhu akan meningkat bahkan hingga 90⁰C pada saat iddle atau tidak melakukan aktivitas apapun. ada berbagai cara untuk menurunkan suhu pada laptop Asus, Lenovo, HP, Dell, Acer, Toshiba, salah satunya adalah dengan Mengganti Thermal Paste.

solusi mengganti thermal paste asus a46cb
solusi mengurangi suhu extreme

Mungkin jika laptop kamu masih tergolong baru dan masih dalam masa garansi, lebih baik kamu minta mengganti thermal paste pada CS asus langsung karena kita tidak memiliki resiko, atau jika masa garansi kamu sudah habis, kamu juga bisa meminta tolong pada toko atau jasa service laptop untuk sekedar membersihkan debu serta mengganti thermal compound kita, nah tetapi jika kamu merupakan orang yang penasaran, dan mau tahu bagaimana prosesnya, pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan tutorial untuk Mengganti Thermal Paste di laptop Asus A46CB.  tapi tentu saja bisa dipraktekan juga bagi pengguna laptop Asus dengan model K46CB, seperti Asus A451LB. harapannya semoga  bisa bermanfaat bagi teman - teman semua.

Alat - alat yang di butuhkan

untuk dapat mengganti thermal paste pada laptop Asus A46CB ini, kita membutuhkan peralatan diantaranya yaitu :

obeng kecil untuk keperluan membuka body laptop 

obeng plus ukuran kecil
Obeng plus (+) kecil

selanjutnya yang dibutuhkan adalah Thermal Paste. boleh menggunakan merk atau brand apa saja, tapi untuk prakteknya, admin menggunakan thermal paste merk Cooler Master V1

thermal paste yang digunakan
thermal paste

selanjutnya kita membutuhkan tissue atau  kain halus dan Alcohol untuk membersihkan sisa - sisa thermal compound dan membersihkan debu yang menempel.( catatan : menumpuknya debu juga mempengaruhi kenaikan temperatur laptop lihat Solusi Mengatasi Laptop Cepat Panas ).

Tahap - tahap Mengganti Thermal Compound / paste

nah, yang kita tunggu - tunggu akhirnya tiba, berikut ini adalah tahapan mengganti thermal paste untuk laptop Asus a46cb. silahkan disimak.

langkah pertama untuk dapat mengganti thermal compound guna mengurangi temperatur pada laptop asus adalah, membuka baut yang ada di beberapa tempat seperti pada gambar di bawah ini.

membuka baut yang ada
buka baut yang ada
khusus untuk baut nomor 3, setelah kamu membukanya, kamu tarik DVD ROM keluar agar kita bisa membuka body bagian bawah. setelah itu kamu buka baut nomor 1 dan 2 agar kita bisa mengeluarkan hardisk.

slot hardisk dan ram pada asus a46cb
slot Hardisk dan Ram tambahan
disini kamu bisa melihat slot Hardisk bawaan asus a46cb dan slot RAM tambahan jika kamu pernah memasangnya. lepaskan baut dan tarik untuk melepas hardisk dari slotnya.

nah setelah tahapan ini, kamu bisa melepaskan body belakang laptop asus ini dengan melepasnya dari samping secara perlahan, dan harap berhati - hati pada bagian baterai, karena ada slot yang harus kamu buka.
buka secara perlahan
slot untuk membuka chasing

setelah semua bagian terbuka, kini kita bisa melihat bagian - bagian dalam laptop 'CiBi' ini. disini kita sudah bisa membersihkan debu yang mempel pada bagian motherboard laptop asus ini. 

bagian dalam asus a46cb
bagian dalam laptop asus a46cb

nah untuk mengganti thermal compund, kita harus melepas bagian kipas / fan yang menutupi Chip VGA dan Processor. kalian bisa melihat panduannya di bawah ini.

baut yang perlu di lepas
baut yang perlu di lepas

lepas baut yang admin lingkari pada gambar diatas, nah kalian juga akan melihat stiker berwarna kuning yang menutupi salah satu baut. sticker ini merupakan sticker klaim garansi resmi milik asus, jadi kalau kalian melepas / merobek sticker ini, kalian harus sudah paham bahwa kalian akan tidak bisa klaim garansi lagi. 

Setelah melepas baut - baut tersebut, kalian bisa membersihkan sisa - sisa thermal paste yang sudah mengering menggunakan tissue atau lap yang dibasahi cairan alcohol yang sebelumnya sudah kita persiapkan.

membersihkan debu serta thermal compound yang ada
bersihkan debu serta sisa thermal compound

harap dipastikan untuk benar - benar membersihkan tanpa tersisa residue yang dapat menghambat penghantaran panas antara heatsink dengan processor nantinya. setelah bersih, kamu bisa langsung menambahkan thermal paste yang baru ke bagian processor dan chip VGA.

oleskan thermal paste sedikit mungkin
gunakan thermal paste sedikit mungkin
setelah itu, kamu pasang kembali fan serta baut - baut yang ada. pasang kembali body belakang laptop Asus Terbaik ini. setelah itu pasang Hardisk ke keadaan semula, dan pasang kembali DVD Rom yang sebelumnya kamu lepas. setelah itu silahkan kamu coba nyalakan laptopnya. maka suhu laptop pun akan turun secara drastis dari semula :D.

berikut ini merupakan hasil dari penggantian thermal paste.

perbedaan temperatur
perbedaan temperature sebelum dan sesudah

nah demikian lah Tutorial Mengganti Thermal Paste Pada Asus A46CB. Semoga bermanfaat bagi kalian, jika ada pertanyaan seputar masalah pada laptop atau komputer, jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar di bawah ini atau kalian bisa bertanya via Facebook kami. 

bagi kalian yang merasa terbantu, silahkan untuk share ke teman - teman kalian via facebook atau twitter atau media lainnya. :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Mengganti Thermal Paste Asus A46CB"

Posting Komentar